Halaman

Rabu, 01 Agustus 2012

Tips SEHAT DAN FIT Selama Puasa

Tips SEHAT DAN FIT Selama Puasa
Agar tetap sehat
Menjalani puasa dengan sehat tentunya akan terasa menyenangkan. Namun apa saja yang harus dilakukan selama puasa agar kondisi tubuh tetap terjaga? Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan tentang rekomendasi menu makan dan olahraga selama bulan puasa agar tubuh tetap bugar. Pada artikel ini, Spotdokter akan memberikan beberapa tips secara umum apa yang sebaiknya dilakukan dan dihindari selama menjalani puasa di bulan yang suci ini:

1.Menjaga asupan kalori seperti jika tidak berpuasa. Bulan puasa bukanlah waktu untuk berdiet dan menurunkan berat badan, kecuali anda disarankan dokter untuk berdiet karena overweight atau obesitas.
2.Lakukan aktivitas dan olahraga seperti biasa. Ikuti beberapa tips dari kami pada artikel Tetap Fit Selama Bulan Puasa
3.Makan makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, oatmeal, atau nasi merah.
4.Makan makanan berserat tinggi seperi sayur-sayuran, roti gandum, oatmeal, buah, atau kacang-kacangan.
5.Batasi jumlah asupan lemak dan minyak.
6.Minum banyak air.
7.Jangan terlalu banyak makan pada saat sahur. Cukup lebih baik.
8.Batasi minum teh pada pagi hari, karena teh memicu tubuh untuk banyak buang air kecil, sehingga akan membuat tubuh anda kekurangan cairan dan merasa haus.
Semoga tips singkat di atas dapat membuat bulan puasa anda lebih sehat. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Agar tetap Fit

 Bulan puasa tidak berarti anda juga berpuasa untuk berolahraga. Tubuh secara alami tetap membutuhkan olah raga walaupun sedang berpuasa. Namun permasalahannya adalah bagaimana mengatur olahraga pada saat puasa? karena olahraga yang salah pada bulan puasa justru dapat menurunkan kondisi tubuh anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda untuk tetap fit selama bulan puasa:

1.Untuk mempersiapkan tubuh anda menjalani hari dengan berpuasa, makanlah makanan tinggi serat dan nutrisi, seperti nasi merah, roti gandum atau oatmeal, disertai dengan buah sebagai cemilan dan hindari makanan berlemak saat sahur.
2.Minum cukup air putih, yaitu 3 gelas saat sahur.
3.Mulailah dengan olahraga intensitas ringan di pagi hari setelah sahur, misalnya jalan cepat dan bersepeda.
4.Pada sore hari sebelum  berbuka, anda dapat melakukan olahraga yang lebih berat, misalnya lari, sepak bola, atau basket.
5.Bagi anda yang ingin menjaga bentuk badan dan kekuatan otot, anda dapat melakukan fitness di gym pada sore hari.
6.Jangan lupa melakukan pemanasan dan stretching sebelum berolahraga dan diakhiri dengan pendinginan.
7.Olahraga lebih menyenangkan apabila dilakukan bersama kerabat dan teman, sehingga tidak terasa lebih berat.
8.Perhatikan kesehatan anda, sebaiknya olahraga intensitas sedang-berat tidak dilakukan saat kondisi badan tidak optimal dan lebih baik berkonsultasi dahulu dengan dokter.
9.Berbukalah dengan yang manis, lalu dilanjutkan dengan makan besar, dan sebaiknya sebelum tidur jangn lupa mengkonsumsi buah-buahan terlebih dahulu.
Menjalankan puasa dengan tubuh segar dan fit tentunya akan sangat menyenangkan. Tips di atas diharapkan dapat membantu anda menjaga kesehatan selama bulan puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Sumber: sportdokter.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar